Hah ? Algoritma ? Apaan tuh?

Halo netizen Indonesia!! 
Author kali ini akan membahas mengenai Algoritma. Apa sih algoritma itu ?



Seiring berkembangnya zaman, bahasa pemrograman semakin banyak dipelajari oleh banyak orang. Adanya perkembangan zaman menjadikan teknologi sebagai hal penting untuk menunjang kemajuan. Nah, buat kalian yang ingin mempelajari bahasa pemrograman, hal dasar yang harus dipahami adalah algoritma pemrograman tersebut.

Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma merupakan urutan atau langkah-langkah untuk penghitungan atau untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan. Sehingga dapat dikatakan bahwa algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.

Dalam pemrograman itu sendiri, hal yang penting untuk dipahami yaitu logika kita dalam berpikir bagaimana cara untuk memecahkan masalah pemrograman yang akan dibuat. Contohnya saja... banyak permasalahan matematika yang mudah jika diselesaikan secara tertulis, tetapi cukup sulit jika kita terjemahkan ke dalam pemrograman. Dalam hal ini, algoritma dan logika pemrograman akan sangat penting dalam pemecahan masalah.

Dengan kata lain,  algoritma bisa juga disebut sebagai suatu urutan dari beberapa langkah yang logis guna menyelesaikan masalah. Pada saat kita memiliki masalah, maka kita harus dapat untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan langkah-langkah yang logis. 

Nih, contoh dari algoritma yang paling sederhana dalam kehidupan nyata adalah pada saat kamu memasak air. 

Hal-hal yang perlu dilakukan untuk memasak air seperti berikut : 
siapkan panci -> masukkan air secukupnya ke dalam panci -> tutup panci tersebut, -> letakkan panci tersebut di atas kompor -> hidupkan kompor dengan api sedang -> apabila air sudah mendidih, matikan kompor -> setelah itu angkat panci tersebut dari kompor. 
Langkah-langkah untuk memasak air tersebut merupakan algoritma memasak air. Sehingga memiliki urutan langkah-langkah yang logis. 



eh sori ya ini masak airnya ga level pake panci, ehehehe

Penyajian algoritma secara garis besar dapat dibagi dalam dua bentuk penyajian yaitu :

tulisan 
dan
gambar 

Algoritma yang disajikan dengan tulisan yaitu dengan struktur bahasa tertentu (misalnya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris) dan pseudocode. Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya seperti Pascal, atau C, sehingga tepat digunakan dalam menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada programmer.

Sedangkan untuk algoritma yang disajikan dengan gambar adalah dengan flowchart. Flowcart adalah bagan (chart) yang menunjukkan alir (flow) di dalam program atau merupakan prosedur sistem secara logika. Flowcart digunakan untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi.

Perlu diketahui oleh netizen sekalian, bahwa bentuk dasar algoritma ada 3, yaitu :



Algoritma Sekuensial (Sequence Algorithm)

Sequence algorithm atau algoritma sekuensial merupakan algoritma yang langkah-langkahnya secara urut dari awal hingga akhir. Bentuk dari algoritma sekuensial ini salah satu contohnya seperti algoritma memasak air. Langkah demi langkah yang dijalankan harus urut dari atas sampai bawah.
Nah, berikut contoh yg author bikin nih...




Algoritma Percabangan atau Bersyarat
(Conditional Algorithm)
Conditional algorithm atau algoritma bersyarat merupakan algoritma yang menjalankan langkah berikutnya apabila terdapat syarat yang sudah dapat dipenuhi.



Algoritma Perulangan (Looping Algorithm)
Looping algorithm atau algoritma perulangan merupakan suatu algoritma yang menjalankan beberapa langkah tertentu secara berulang-ulang atau looping. Pada masalah yang kita hadapi, ada pula sebuah langkah yang harus kita lakukan secara berulang-ulang.


bisa dilihat bahwa pengulangan terjadi apabila kita (terutama wanita) ketika beli satu baju trus mau liat-liat lagi baju lain atau ga pas lagi nyobain eh si ukuran bajunya PHP. Gitu aja terus sampe mba/ mas spgnya kesel.




Yak, sekian mengenai "Algoritma" bersama author.
Sampai jumpa di next post netizen semuaaa!!
Semoga bermanfaat yaaa~

Share:

0 komentar